Harlah FKDT VIII, Lembaga Madin Se Kecamatan Patianrowo Gelar 2 Metode Ujian Akhir Bersama

Patianrowo | nunganjuk.or.id – Saat wabah Virus Corona kian menyebar, lembaga madin yang notabenya lembaga non formal juga mengikuti intruksi dari pemerintah terkait belajar siswa atau santrinya di rumah.

Dalam menangani corona, lembaga madin juga ikut andil memberikan kontribusi dalam penanganan wabah corona seperti bagi masker, semprot desinfektan dan khususnya berkaitan dengan eduksi pemahaman kepada masyarakat, khususnya kepada anak didik tentang bahayanya virus Covid 19 dan bagaimana cara pencegahanya.

Sebagai lembaga pendidikan yang layaknya pendidikan umum, lembaga diniyah juga mempunyai agenda rutin setiap tahunnya yaitu munaqosah atau ujian kemudian dilanjutkan haflah akhirusanah atau acara wisuda dan tampilan kreasi santri.

Tahun ini untuk ujian akhir bersama lembaga diniyah yang rencana dilaksanakan akhir maret 2020 kemarin gagal dilaksanakan karena adanya wabah virus corona.

Akan tetapi dalam perjalananya melihat situasi dan kondisi yang memungkinkan, akhirnya lembaga diniyah dikecamatan patianrowo bisa melaksanakan ujian akhir bersama ini yang dimulai hari ini senin 13 april 2020 dan berakhir besok selasa 14 april 2020 dengan 4 mata pelajaran yaitu Fiqih, Akhlaq,Tarikh dan Aqidah.

Ujian ini diselenggarakan serentak se Kecamatan Patianrowo dengan jumlah total lembaga 28 lembaga diniyah di Kecamatan Patianrowo. Penyelenggaraanya variatif karena situasi corona ini,ada yang dilembaga madin sendiri dengan tetap memperhatikan standart pencegahan penularan covid, dan ada yang diselenggarakan di rumah masing masing santri.

Kegiatan ujian akhir bersama madin se kecamatan patianrowo ini juga mendapatkan apresiasi dari Kepala Seksi PD.Pontren Kementerian Agama Kab.Nganjuk Bapak H.Imam Mujaib, yang secara sistemnya merupakan bapaknya madin madin Se Kabupaten Nganjuk.

“Semoga dengan Ujian akhir ini lulusan madin lebih baik lagi dan tentunya beliau jg berdoa untuk UAB yang diselenggarakan madin Se Kec.patianrowo ini berjalan lancar dan sukses serta semoga barokah.”, ungkap Bapak H. Imam Mujaib, pada Senin (14/04/2020).

Sementara itu, Pengawas Pendidikan Agama Islam Kecamatan Patianrowo Bapak H.Syamsul Hadi,S.Pd.I beliau juga mengapresiasi atas pelaksanaan Ujian Akhir Bersama Madin yang diselenggarakan diKecamatan Patianrowo ini,beliau berpesan agar pelaksanaan ujian ini agar tetap memperhatikan arahan pemerintah tentang pencegahan virus C-19.

“Semoga ujian UAB Madin Kecamatan Patianrowo berjalan lancar,sukses dan anak anak para santri mendapatkan nilai yang bagus serta ilmunya manfaat.amin.”, harapnya.

Disamping itu ketua FKDT Kec. Patianrowo Aziz Kabul,M.Si. beliau menyampaikan bahwa dalam penyelenggaraan ujian akhir bersama madin ini diselenggarakan guna untuk membentuk lulusan lusan yang profesional dan lebih berdaya saing.

Juga untuk menepis omongan yang memandang remeh dan memandang sebelah mata tentang keberadaan lembaga diniyah. Ada yang mengatakan bahwa lembaga diniyah tidak pernah meluluskan santri,santrinya itu itu saja,dan lembaganya gak jelas, omongan semua itu tidak benar.

“Kami selaku pengurus Madin selalu berupaya bagaimana madin tambah semakin baik dan tidak ketinggalan zaman. Saat ini guru guru madin hampir semuanya sudah sarjana dan malah sekarang banyak yang menempuh S2 dan S3 ini semua dari madin dan tentunya untuk madin. Semoga madin tambah semakin baik dan tambah semakin barokahi.amin.”, tutur Aziz Kabul.

Pada waktu yang sama, juga berbarengan dengan Harlah FKDT ke VIII.

“Kami selaku ketua FKDT Patianrowo mengucapkan selamat hari jadi untuk FKDT yang ke 8, semoga FKDT bisa menjadi organisasi besar dan lebih bisa mengayomi lembaga lembaga madin.amin.”, imbuhnya.

Editor : Moh. Maftuhul Khoir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *