Gerakan Tanam 1000 Pohon, Bakti Sosial Pelajar NU

Berbek, 12 Januari 2020

Dingin udara pagi dan kerasnya lahan tandus tak kendurkan semangat pelajar NU pada pagi ini (12/1). Sejak pagi, persiapan kegiatan bakti sosial Gerakan Tanam 1000 Pohon di Desa Bulu, menjadi bukti kedekatan kader muda NU pada lingkungan dan masyarakat.

Berawal dari inisiatif pengurus PAC IPNU IPPNU Berbek dan Ngetos, Gerakan ini mampu menggugah dan mengajak turut serta ratusan rekan-rekanitanya dari berbagai kecamatan. Terbukti dengan hadirnya PAC IPNU IPPNU Loceret, Sawahan, dan Wilangan. Semakin lengkap dengan kehadiran PC IPNU IPPNU Kabupaten Nganjuk, beserta lembaga semi otonomnya DKC CBP dan KPP.

Ratusan Peserta Saat Tanam Bibit Pohon

Sinergi yang baik juga tampak dari pengakuan Camat Berbek Ibu Hj. Nur Binti yang hadir pada apel pembukaan pada pukul 08.30 WIB. Bu Camat dalam sambutannya mengajak para pelajar muda NU untuk menjaga lingkungan. Beliau juga menjelaskan bahwa keberadaan pohon sangat dibutuhkan manusia, dalam menjaga sumber mata air, dan oksigen. Sisi lain, banyaknya perumahan baru, tentu ada dampak positif dan negatif, manakal tidak ada upaya penanaman pohon, maka penyerapan air tidak maksimal sehingga terjadi bencana.

“Terimakasih IPNU IPPNU mencintai alam, mari bahu-membahu menjaga lingkungan.”, ajaknya.

Camat Berbek Turut Serta Pada Penanaman

Selain bakti Sosial, Moh. Maftuhul Khoir selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa, kegiatan ini juga bertujuan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup. Selain itu, sebagai wujud gerakan pendidikan kader yang tidak hanya fokus pada bidang intelektual dan spiritual, namun juga memiliki tanggung jawab moral dan kepedulian sosial.

“Mari jaga lingkungan, agar lingkungan menjaga kita pula. Serta berdo’a bersama agar kita semua terhindar dari marabahaya dan bencana alam.”, ungkapnya saat berikan laporan panitia.

Ketua Panitia Dampingi (perwakilan) Danramil

Peserta apel pembukaan juga melakukan do’a bersama, sebagai gerakan spiritual agar terhindar dari bencana alam. Selain itu juga penandatanganan nota kesepahaman dari IPNU IPPNU yang diwakili Shofatul Zakia ketua PAC IPNU Berbek dengan pihak warga yang diwakili oleh Kepala Desa. Isinya, adalah ketegasan bahwa bibit yang ditanam sepenuhnya diserahkan untuk dikelola warga, dan pihak IPNU IPPNU tidak akan menuntut keuntungan sepeserpun dari bibit tersebut.

Apel Pembukaan

Setelah apel pembukaan, kegiatan berlanjut dengan penanaman bibit pohon sengon oleh gabugan Pelajar NU dan tamu undangan meliputi Camat Berbek, Komaril Berbek, dan Polsek Berbek. Tidak ketinggalan Kepala Desa Bulu Bapak Agus beserta ibu-ibu Muslimat dan PKK Desa Bulu.(tuh)


Editor: Haafidh Yusuf

Ketua PAC IPNU Berbek serahkan bibit kepada Kepala Desa Bulu
Tim PAC IPNU IPPNU Ngetos Kompak Hadir
Kompak Komandan DKC CBP dan Komandan DKC KPP
DKAC Berbek Bersama Komandan DKC dan yang lain
Delegasi PAC IPNU IPPNU Loceret
Ketua PC IPNU Bersama Ketua PC IPPNU Nganjuk
Proses Tanam Oleh delegasi PAC Ngetos
Ketua Demisioner PAC IPNU Berbek bersama Sekretaris PC IPPNU Nganjuk
Delegasi PAC Sawahan
Mekar Seribu Bunga ditaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *