Gelar Penghijauan, GP Ansor Ngluyu: Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita

 Gelar Penghijauan, GP Ansor Ngluyu: Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita

Ngluyu | nunganjuk.or.id – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Ngluyu, Nganjuk melakukan penanaman pohon bersama masyarakat dan pemerintah Desa Lengkonglor, Ngluyu pada Ahad (25/1/2021) di daerah perbukitan setempat.

Beberapa relawan peduli lingkungan yaitu Barisan Ansor Serbaguna (Barisan), Remaja Masjid Baitusalam, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU), Perangkat Desa Lengkonglor dan masyarakat hadir.

Ketua GP Ansor Ngluyu Hafidz Yusuf, mengatakan, dipilihnya lokasi ‘Bukit Jalu’ untuk melestarikan mata air yang ada diwilayahnya. Selain itu, karena daerah tersebut dinilai memiliki curah hujan cukup tinggi sehingga penanaman pohon ini diharapkan dapat mencegah terjadinya banjir dan longsor.

“Sehingga hutan yang ada di sini bisa hijau kembali menghasilkan udara bersih dan air yang bersih,” tuturnya.

Ia mengajak kepada masyarakat yang berada di wilayahnya untuk merawat dan menjaga sejumlah bibit yang sudah ditanam. Hal ini harus dilakukan atas dasar kesadaran masing-masing individu, bahwa menjaga kelestarian alam atau lingkungan sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia.

Menurutnya penghijauan sebetulnya merupakan sikap yang saling menguntungkan antara manusia dan alamnya. Bisa dibilang manusia yang menjaga lingkungan sebenarnya menjaga dirinya sendiri.  

“Dengan penanaman bibit pohon, kita jaga alam, maka alam akan menjaga kita”, jelasnya.

Senada dengan apa yang disampaikan Hafidz, Komandan Kesatuan Koordinasi Rayon (Kasatkoryon) Banser Ngluyu Khoirudin, mengatakan penghijauan ini adalah wujud nyata dari kepedulian bersama terhadap lingkungan. Penghijauan dinilai penting dilakukan untuk menciptakan keseimbangan alam. Apalagi musim kemarau sebelumnya cukup panjang.  

“Adapun yang ditanam di antaranya bibit durian, jambu, rambutan, jabon dan lain-lain sebanyak 500 polibag. Bibit-bibit ini diharapkan nanti tumbuh berkembang dan memberikan manfaat kepada lingkungan sekitar,” pungkasnya.

Editor: Hasby Maheswara

Digiqole ad

admin

Related post