Forpimdes dan Nahdliyin Desa Cepoko Bergerak

Berbek, 31 Maret 2020

Peningkatam penyebaran Covid-19 mulai menurun, seiring banyaknya elemen masyarakat dan pemerintah yang tergerak. Tidak berhenti turut ambil bagian, Forpimdes dan warga NU Desa Cepoko Kecamatan Berbek terus bergerak, pada kegiatan penyemprotan disinfektan dan pembagian bak air cuci tangan, pada Selasa (31/03) pagi ini.

Para relawan terdiri dari kader IPNU, Ansor, Karang Taruna, dan gabungan masyarakat, telah berkumpul di Balai Desa Cepoko sejak pukul 07.00 WIB.

Terjun langsung M. Kholid Iskandar, S.Pd.I Kepala Desa Cepoko, beserta perangkat desa dan BPD.

Pak Kades membuka kegiatan dengan sosialisasi dan sambutan singkat, dirinya menjelaskan alasan kegiatan penyemprotan disinfektan, serta berharap agar warga Desa Cepoko dapat kompak menyadari pentingnya hidup sehat, guna mencegah pandemi covid-19.

kades cepoko bersama pak modin ali mansur kader ansor, saat sosialisasi sebelum pemberangkatan

“Kita harus berusaha secara kompak untuk menghindari penyebaran wabah virus corona.”, tegas Pak Kholid, sapaan akrab Kepala Desa Cepoko.

Lanjut Pak Kholid menjelaskan pembagian rute penyemprotan, agar dapat efisien serta merata seluruh desa. Meliputi rumah warga, gang-gang jalan, Masjid, Mushola, madrasah dan tempat umum lainnya.

aksi relawan yang terjun di dusun tahunan desa cepoko

Serta para relawan yang terjun, tidak lupa untuk menjelaskan ke lingkungan untuk bersedia mengepel sendiri-sendiri, untuk memastikan kesterilannya.

Sebelum para relawan terjun ke lapangan, Kyai Sonhaji yang sekaligus BPD Cepoko menutup pembukaan dengan doa bersama, menggemakan Sholawat thibbil qulub, dan do’a tolak balak lainnya.

kyai sonhaji BPD sekaligus imam masjid al-muhtar cepoko memimpin do’a

“Para relawan demi pencegahan corona mari kita berikhtiyar, pertama memohon kepada Allah agar masyarakat kita, dan bangsa kita pada umumnya, dijauhkan dari virus corona, semoga segera diangkat dari dunia, aman sejahtarera, bahagia manfaat dunia akhirat.”, tutur Kyai Sonhaji disambung do’a.

Selanjutnya, para relawan terjun sesuai pembagian rute dan wilayah masing-masing.

komandan dan anggota LCBP beraksi di depan gerbang Baitul Atieq

Saat kegiatan penyemprotan berlangsung, dengan berkendara armada pick up bertuliskan “IPNU Ranting Cepoko”, Wardoko selaku Babinkamtibmas Desa Cepoko gagah berikan sosialisasi kepada warga. Armada yang lengkap dengan pengeras suara, dan persediaan disinfektan tersebut berkeliling sepanjang jalan desa.

babinkamtibmas berikan sosialisasi berkeliling dari atas kendaraan

Sementara itu, Najib Nabata dan Moh. Maftuhul Khoir selaku ketua dan sekretaris IPNU ranting Cepoko menuturkan, bahwa kader IPNU siap berkontribusi, demi tujuan bersama yaitu lepas dari pandemi Covid-19.

“IPNU harus bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat di semua lini, beberapa waktu lalu kita juga terjun untuk tingkat kecamatan atas nama PAC Berbek,”, tandas Kang Najib.

“Kami tidak bosan, untuk mengajak dan mengkapanyekan budaya hidup bersih dan suci, untuk mencegah Covid-19. Apalagi tren peningkatan pasien tertular sudah semakin turun perharinya.”, pungkas Mas Tuh.

Terkait tren penurunan, perkembangan Jawa Timur hingga detik ini, pada tanggal 30 maret sebanyak 91 pasien positif Covid-19, peningkatannya turun derastis hanya sebesar 1 orang, dibandingkan pada tanggal 29 dan 28 Maret, masing-masing sebesar 90 orang dan 77 orang, dengan peningkatan 13 dan 11 orang.

Kontributor: Faishal IPNU Cepoko
Editor: Moh. Maftuhul Khoir (putra daerah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *