Cegah merebaknya Covid-19, DPR RI Yahya Zaini Gandeng LKNU & LPBI NU Nganjuk Sosialisasikan Germas

Kertosono | nunganjuk.or.id – Sinergi Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) dan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama(LPBINU) Kabupaten Nganjuk dengan DPR RI Komisi IX Yahya Zaini, menggelar sosialisasi gerakan masyarakat (GERMAS) hidup sehat. Acara digelar di Pondok Pesantren Miftahul Ula, Nglawak, Kertosono, Sabtu (12/9/2020).

GERMAS merupakan gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Menurut DPR RI Komisi IX Yahya Zaini, acara ini dimaksudkan mengedukasi masyarakat bagaimana mengantisipasi penyebaran Covid-19. Misalnya bagaimana penggunaan hand sanitizer, penggunaan masker yang baik dan benar. Juga perlunya personal hygene serta bagaimana perlunya meningkatkan daya tahan tubuh terhadap kondisi saat ini.

“Insyaallah saya akan membagikan lagi bantuan sosial & alat kesehatan untuk Masyarakat dan Tenaga Medis. Tidak ketinggalan bantuan untuk masyarakat Nganjuk yang kami salurkan melalui PCNU Nganjuk, GP Ansor dan Tim Relawan di Kabupaten Nganjuk yang ini juga sudah sering kami laksanakan. Semoga ini bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat dan NU di kabupaten Nganjuk,” ungkapnya kepada 200 orang yang hadir.

Hadir dalam acara ini, M. Yahya Zaini, S.H Komisi IX DPR RI, Rombongan Kementrian Kesehatan RI, Wakil Bupati Nganjuk H. Marhaen Jumadi, Rais Syuriah PCNU Nganjuk KH. Ali Musthofa Said, LPBI NU, LKNU Nganjuk, Ketua MWC NU Kertosono, Perwakilan pengurus Muslimat dan Fatayat NU Nganjuk.

Dalam sambutanya, Rais Syuriah PCNU Kabupaten Nganjuk KH. Ali Musthofa Said, mengapresiasi langkah LKNU, LPBI NU dan Yahya Zaini yang peduli dengan masyarakat Nahdliyyin di Kabupaten Nganjuk.

“Saya sangat Yakin bahwa Yahya Zaini adalah warga NU, karena Pulau Bawean 99% adalah warga NU. Alhamdulillah selama di Kabupaten Nganjuk mengutamakan warga NU, terus bersinergi dengan NU untuk memajukan Kab.Nganjuk dari segala sektor” ujar Kiai Ali.

Sementara itu, Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Jumadi, menerangkan langkah penanganan Covid-19 di Kabupaten Nganjuk masih terkendali.

“Alhamdulillah Kabupaten masih dalam undercontrol dalam penanganan Covid-19 baik secara jumlah maupun penanganan kesembuhannya,” terang Kang Marahen.

Pemerintah tetap konsisten menangani pencegahan Covid-19 dengan berbagai upaya yang terus dilakukan. Di sisi yang lain, pemerintah juga tengah berupaya mengembalikan geliat perekonomian masyarakat agar secepatnya pulih sebagaimana sebelum masa pandemi.

“Penanganan Covid 19 harus tetap konsisten namun juga pemulihan ekonomi terus kita lakukan. Saatnya kita Gotong Royong untuk Nganjuk Sehat,” tandasnya.

Selain acara Seminar dan Sosialisasi Germas, juag digelar Sunat Gratis kepada puluhan anak binaan NU Nganjuk.

Acara berlangsung lancar dimulai juga dengan rapidtest guna mengantisipasi penyebaran Virus di dalam kegiatan ini. Besar harapan kedepan, acara seperti ini dapat dilaksanakan kembali dengan baik.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *