Bantu Kebutuhan ODR yang Terisolasi, Lazisnu dan Tokoh Garu Turun Tangan

nunganjuk.or.id – Dingin guyuran hujan pada Selasa (07/05/2020) sore, tak hentikan langkah rombongan Lazisnu untuk salurkan bantuan sembako kepada masyarakat ODR yang sedang mengisolasi di rumah. Bersama Pemerintah Desa Garu selaku tuan rumah, rombongan terjun langsung berkeliling dari pintu pintu.

rombongan saat terjun ke rumah warga ODR

Sebelumnya, RT RW melaporkan kepada Pemerintah Desa Garu bahwa terdapat keresahan terkait instruksi isolasi kepada warga berstatus orang dalam resiko (ODR). Sebab nafkah harian tidak akan cukup untuk waktu isolasi selama 14 hari.

Pasalnya, kini dari Desa Garu Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk, terdapat satu orang yang positif Covid-19, sehingga Drs. Imam Syafii selaku Kepala Desa Garu selanjutnya berkordinasi dengan Ranting Lazisnu Garu untuk mengkomunikasikan dengan PC Lazisnu Nganjuk dalam mengatasi masalah ini.

Tak hanya itu, usaha ini mendapat respon positif dari para tokoh masyarakat untuk mengumpulkan dana swadaya. Sehingga terkumpul dana baik dari Lazisnu, komunitas ngaji bareng, pemerintah Desa Garu, Ketua RT dan RW dan para tokoh masyarakat setempat.

penyerahan paket sembako

Rombongan kompak terjun langsung dengan armada 3 mobil, untuk mengangkut bantuan yang diberikan kepada setiap keluarga ODR, yaitu berupa beras 5 Kg, gula, minyak goreng, vitamin C, masker, dan bantuan berupa uang 50 ribu perhari selama 10 hari kepada setiap keluarga, dengan total paket sembako sebanyak 30 paket.

Kades Garu dampingi direktur Lazisnu Nganjuk

“Terimakasih kepada Lazisnu dan tokoh masyarakat, karena telah membantu pemerintah desa atas upaya pencegahan covid-19, dengan cara memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang mengisolasi di rumah.”, ungkap Drs. Imam Syafii Kepala Desa Garu saat terjun lapang.

Inisiator kegiatan ini, Moch. Masyhuri mengaku dirinya tidak serta merta mendapatkan ide kegiatan ini. Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai respon atas laporan dari lingkungan. Sehingga perlu memunculkan kepedulian antar tetangga dalam melawan covid-19.

Moch. Masyhuri serahkan paket sembako

“Terimakasih kepada RT RW yang telah menginspirasi saya, sehingga saya menyadari pentingnya ketersediaan pangan untuk memutus mata rantai covid-19, sehingga terwujud kegiatan pada sore ini.”, ungkapnya.

Saat penyerahan bantuan di rumah warga, secara bergantian baik Kades Garu, pengurus Lazisnu, komunitas ngaji bareng, dan tokoh masyarakat memberikan himbaun untuk tetap tenang mengisolasi di rumah. Dan sebagai komitmen atas himbauan itu, rombongan mewujudkan dengan penyerahan bantuan sembako dan uang.

Meski ada sedikit rintangan yaitu beceknya medan pedesaan, kegiatan ini mendapat sambutan dari penerima bantuan. Dori salah satunya, ia mengungkapkan rasa terimakasih kepada rombongan karena meringankan beban keluarganya. Setidaknya untuk benar-benar mengurangi kegiatan di luar rumah, namun dapat tercukupi kebutuhan pokok sehari-hari keluarganya.

rombongan saat terjun telusuri rumah warga di tengah medan yang becek

Sementara itu, Lazisnu sebagai garda depan kepedulian sosial warga NU dan masyarakat, siap membantu dalam mendistribusikan dana sosial. Sehingga dapat menjadi solusi bersama atas pandemi ini.

“Lazisnu siap menjemput dan mendistribusikan Zakat Infaq dan sedekah guna membantu saudara kita yang terdampak Covid-19.”, tandas H.M. Subhan Direktur PC Lazisnu Nganjuk.(tuh)

Redaktur/ Editor: Moh. Maftuhul Khoir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *