Apresiasi Seni Jadi Agenda Pamungkas HSN 2019 MWC NU Berbek

Berbek, 25 Oktober 2019

. Rangkaian agenda Hari Santri Nasional (HSN) 2019 MWC NU Berbek menemui babak akhir. Kegiatan Apresiasi seni menjadi acara pamungkas setelah berbagai kegiatan menyongsong HSN 2019. Dengan tujuan menarik segmen kalangan pemuda NU, kali ini MWC NU gelar Apresiasi Seni di Pendopo Kecamatan Berbek, pada Rabu (23/10) malam.

Peserta dan undangan terdiri dari unsur organisai dan banom NU se Kecamatan Berbek. Desain acara apresiasi seni dengan menampilkan seni musik Islami, tujuannya untuk menarik minat kaum muda yang mayoritas adalah penikmat seni musik. Seni yang ditampilkan adalah berbagai lagu sholawat baik hadrah ataupun banjari. Selain itu, panitia juga mengundang penampilan grup musik gambus asli Berbek yaitu Assalam.

Sunarto Arrohman ketua panitia apresiasi seni menyampaikan bahwa agenda apresiasi merupakan penutupan rangkaian kegiatan peringatan HSN 2019 MWC NU Berbek. Tidak lupa harapan mendalam agar semua pihak yang turut serta mensukseskan agenda sejak awal hingga akhir mendapat hikmah sebagai santri KH. Hasyim Asy’ari.

“Alhamdulillah suatu berkah kita dapat berkumpul dalam majelis ini, dalam rangka penutupan agenda HSN 2019 MWC NU Berbek. Semoga menjadi saksi bahwa kita semua adalah santri Mbah Hasyim Asy’ari.”, ungkapnya.

Lanjut pria yang akrab dipanggil Pak Narto, jelaskan bahwa acara apresiasi seni adalah permintaan kaum muda. Tidak lupa Pak Narto menyampaikan terimakasih pada segenap panitia yang telah mensukseskan agenda HSN 2019 MWC NU Berbek, termasuk pada Camat Berbek karena telah mendukung acara dengan mengijinkan penggunaaan Pendopo Kecamatan Berbek sebagai pamungkas acara. Pak Narto juga menyampaikan pesan agar menjadi santri unggul, dan memohon maaf atas nama panitia atas segala kekurangan yang ada.

“Acara seni khsusnya kita utamakan anak-anak muda, karena kita menampung aspirasi dari para kelompok muda NU. Semoga kita semua dengan hari santri ini menjadi santri yang unggul. Kuncinya ada dua (2), pertama harus ngaji dan kedua harus taat pada kyai.”, imbuhnya.

Nurbinti Camat Berbek memaparkan rangkaian agenda HSN 2019 di Kecamatan Berbek, sejak agenda bhakti sosial yang bersihkan sungai yang diikuti oleh Kader IPNU IPPNU Berbek sebagai wujud kepedulian santri bersama msyarakat. Selain itu, acara ziarah ke makam pendiri NU dan Pawai ta’aruf santri, istighosah dan sholawat hadrah ISHARI, hingga berakhir pada agenda pamungkas apresiasi seni.

“Puncak acara ini panitia ingin membawa nuansa seni religius, sekaligus menampilkan potensi asli dari Kecamatan Berbek pada puncak acara ini. Tadi grup musik yang diundang juga asli dari Kecamatan Berbek.”, jelasnya.

Tentang keikutsertaan IPNU IPPNU Berbek pada acara bhakti sosial bersih sungai, Camat Nurbinti juga mengapresiasi dan memberikan semangat agar kegiatan organisasi lebih banyak yang bersifat keluar, artinya semangat dalam kegiatan-kegiatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

“Anak generasi muda NU lebih giat lagi dalam kegiatan, terutama kegiatan keluar agar bisa dirasakan masyarakat. Sehingga masyarakat lebih tertarik dengan kegiatan NU dan masuk pesantren. contohnya kemarin ikut kegiatan kerja bhakti membersihkan sungai.”, pungkasnya. (tuh)

Redaktur/ Editor: Moh. Maftuhul Khoir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *