Antisipasi Banjir, Banser dan Kokam Kompak Bersihkan Sungai di Ngronggot

 Antisipasi Banjir, Banser dan Kokam Kompak Bersihkan Sungai di Ngronggot

Ngornggot | nunganjuk.or.id – Curah hujan yang semakin meningkat khususnya di Desa Ngronggot, Kecamatan Ngronggot, Nganjuk mendapat perhatian serius dari masyarakat setempat maupun organisasi masyarakat (ormas) sekitar.

Menanggapi situasi tersebut, puluhan anggota Barisan Ansor Serbaguna (BANSER) bersama Pemuda Muhammadiyah (KOKAM) Kecamatan Ngronggot menggelar aksi sosial membersihkan bantaran sungai di Desa Ngronggot pada Ahad (29/11/2020) pagi.

Ketua PAC GP Ansor Ngronggot, Juni, mengatakan, aksi sosial ini dimaksudkan untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat serta menyambung ‘Paseduluran’ antara Banser dan Kokam.

“Dalam merealisasikan kegiatan sosial ini kami menjalin kerjasama dengan Pemuda Muhammadiyah Ngronggot, termasuk dalam membersihkan bantaran sungai di Desa Ngronggot agar lebih bersih, indah, dan sehat,” kata Juni.

Selama masa pandemi Covid-19 lanjutnya, PAC GP Ansor Ngronggot mengurangi jumlah kegiatan yang telah disusun secara rapi dan sistematis sepanjang 2020. Juni menambahkan, ia bersama pengurus memperbanyak kegiatan sosial masyarakat selama pandemi.

“Agenda kami geser ke aktivitas yang bersifat sosial, terutama yang terkait dengan dampak Pandemi Covid-19 yang memperlambat aktivitas perekonomian di akar rumput,” ujarnya.

Kegiatan baksos dihadiri oleh Polsek Ngronggot, Koramil, Ketua GP Ansor Nganjuk Muhammad Rifai, puluhan anggota Banser dan Kokam.

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Nganjuk, Muhamamd Rifai, mengajak masyarakat berperan aktif mengembalikan ekosistem dan kelestarian sungai dengan menghijaukan kembali bantaran sungai. dan menjadi pelopor tidak membuang sampah ke sungai.

“Aksi dari sahabat Banser dan Kokam ini diharapkan menjadi contoh bagi yang lain pentingnya menjaga kebersihan lingkungan terlebih khusus yang tinggal di dekat bantaran sungai,” ungkapnya.

Ia pun mengajak masyarakat Desa Ngronggot agar tidak membuang sampah sembarangan apalagi membuang sampah ke dalam sungai.

“Bila ada yang perlu dibersihkan, mari bersama-sama, kita tingkatkan solidaritas dan gotong-royong di Desa Ngronggot ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Ngronggot, Polsek Ngronggot, mengapreseasi aksi gotong-royong Banser dan Kokam dalam membersihkan sungai.

“Intinya adalah kesadaran kita masing-masing untuk menjaga dan melindungi sungai ini dari kotoran sampah, baik itu sampah alam berupa tumbuhan-tumbuhan liar maupun sampah rumah tangga,” tegasnya.

Kontributor: Adnan Aly
Editor: Hafidz Yusuf

Digiqole ad

admin

Related post