Ansor Baron Ikhtiar Perkuat Nilai Aswaja Melalui Pembacaan Ratibul Haddad

Baron | nunganjuk.or.id – Ratibul Haddad merupakan amalan yang berisi doa dan dzikir yang disusun oleh ulama asal Hadramaut, Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad al Haddad (1055-1132 H). Amalan ini memiliki banyak khasiat yang sangat dahsyat, sehingga kerap dijadikan amalan rutin umat Islam, termasuk di pesantren, organisasi dan masyarakat muslim pada umumnya.

Pengurus Anak Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Baron, Kabupaten Nganjuk di masa penerapan kenormalan baru saat ini mengadakan kegiatan Pembacaan ratibul Haddad dan Shalawat Nabi di Desa Jekek tepatnya di rumah sahabat Mujib, anggota GP Ansor Baron, Jumat (24/7/2020) kemarin.

Dalam sambutannya, Ketua Aswaja Center Nganjuk KH. Zuhal Ma’ruf yang hadir dalam acara tersebut, mengungkapkan harapannya, berkah shalawat dapat mengusir wabah. Tak hanya itu, Kiai Zuhal bahkan menyebut kegiatan semacam itu bagus untuk membina masyarakat.

“Bershalawat adalah bagian dari bentuk ikhtiar kita untuk menambah keberkahan dan kekuatan iman dalam menghadapi persoalan, lebih khusus persoalan wabah virus Corona,” ujar Kiai Zuhal.

Sementara itu, Ketua GP Ansor Baron Fauzi, menyampaikan kegiatan pembacaan Ratibul Haddad ini merupakan salah satu program GP Ansor Baron dalam membina masyarakat. Karena itu, masyarakat bisa melewati pandemi ini dengan sabar berkat bershalawat bersama.   

“NU selalu berusaha mendukung pemerintah, menjaga bangsa dan negara ini utuh, dan damai sesuai peran dan kapasitas yang ada,” ujarnya.

Disampaikan Fauzi, jika acara tersebut rutin digelar satu bulan sekali. Menurutnya, hal ini dapat menjadi wadah silaturahmi dan konsolidasi anggota baik Ansor, Banser dan Rijalul Ansor setempat.

Acara diisi Materi Aswaja oleh Ketua Aswaja Center Nganjuk KH. Zuhal Ma’ruf. Turut hadir dalam acara tersebut pengurus ranting dan anak cabang GP Ansor se-Kecamatan Baron. (fid)

Redaktur : Hafidz Yusuf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *