Aktifkan Reboisasi, GP Ansor Sawahan Tanam 10.000 Pohon

Sawahan, 4 Januari 2020

Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap kelestarian kawasan hutan, Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Sawahan mengaktifkan gerakan penghijauan demi menjaga keberlangsungan lingkungan.

Gerakan ini dimulai dengan penanaman 10.000 pohon yang berlangsung di Bukit Panglima Besar Jendral Sudirman (BPJS) Desa Margopatut, Sawahan, Nganjuk pada Sabtu, (4/1/2020).

Sebelum penanaman pohon berlangsung, Ketua GP Ansor Sawahan Imam Bukhori, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga lingkungan sekitar.

“Margopatut merupakan Desa yang kondisi geografisnya pegunungan. Sangat penting sekali untuk dilaksanakan penghijauan ulang sebagai salah satu upaya pncegahan bencana sejak dini,”tuturnya didepan ratusan orang yang hadir.

Selain itu, Sahabat Imam – red,  menambahkan jika dengan Reboisasi yang dilakukan oleh Timnya dapat membantu menjaga keberlangsungan mata air di sekitar bukit.

“Selain pencegahan bencana, tujuan digelarnya kegiatan ini adalah untuk melestarikan alam serta menjaga keberlangsungan sumber mata air di sekitar bukit karena air disini merupakan sumber kehidupan warga,” imbuhnya.

Sebelum acara dimulai dibuka oleh beberapa Tokoh yang hadir.

Turut hadir dalam acara tersebut, GP Ansor Sawahan, Satkoryon Banser Sawahan, MWC NU Sawahan, Polsek Sawahan, Koramil Sawahan, Perhutani, Pemdes Margopatut, LMDH Desa Margopatut, LPBI NU Nganjuk dan masyarakat sekitar.

Terpisah, Kepala Desa Margopatut mengapresiasi program yang di inisisasi oleh GP Ansor Sawahan tersebut.

“Saya sangat senang dengan adanya program Reboisasi oleh GP Ansor Kecamatan Sawahan. Karena hal semacam ini sangat penting untuk menjaga alam. Kalau kita menjaga alam, alam akan menjaga kita,” tuturnya.

Kontributor : Yudi

Editor : Haafidh Yusuf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *